Laman

Minggu, 11 Juli 2010

Inspirasi Bloger


“Bagaimana caranya menjadi blogger yang bisa mendapatkan uang dari aktivitas ngeblog?”

Pertanyaan itu selalu muncul dibenak blogger pemula (termasuk saya) terutama sejak awal-awal diperkenalkannya Google adsense. Tak heran karena banyaknya blogger pemula yang ingin mendapatkan uang dari aktivitas ngeblog maka buku-buku tentang mendapatkan uang dari aktivitas ngeblog banyak beredar di pasaran.

Lalu dimanakah perbedaan mereka yang menghasilkan uang dari blognya dengan mereka yang akhirnya gagal? Bagi saya pribadi, ada sebuah pemahaman keliru dibenak banyak orang, bahwa menghasilkan uang melalui blog hanyalah sebuah “pekerjaan” daftar lalu mengutak-atik kode dan memasang link-link. Akibatnya karena ngeblog untuk mendapatkan iklan yang banyak, akhirnya tak sedikit blogger yang layu sebelum berkembang.

Pada dasarnya Blogger adalah penulis. Sebelum Anda menghasilkan “penghasilan” dari aktivitas menulis itu, pertama-tama yang harus dibangun adalah kredibilitas. Nah, tentu saja membangun kredibilitas ini bukan pekerjaan mudah. Kalo kita lihat penulis-penulis besar, banyak diantara mereka yang sebelum mendapatkan royalti besar dari buku-bukunya, mereka adalah penulis-penulis pemula yang bahkan tidak mendapatkan “penghasilan” dari tulisannya.

Nah, logika yang sama juga bisa diterapkan pada blogger. Blogger-blogger sukses yang mendapatkan penghasilan dari blognya pada awalnya adalah orang-orang yang membangun hal tersebut dari bawah. Tidak ada hasil yang bisa didapatkan dengan instan.

Jika penulis yang besar itu menganggap bahwa “menulis adalah panggilan jiwa” maka blogger yang kemudian berhasil meraih penghasilan dari aktivitas ngeblognya juga menjadikan kegiatan ngeblog sebagai panggilan jiwa mereka. Jika kemudian mereka mendapatkan “penghasilan” itu adalah bagian dari penghargaan atas kerja keras mereka membangun kredibilitas.

Bagaimana? Mau blog anda menghasilkan uang? kerja keraslah….

2 komentar:

  1. benar sekali mas, menurut saya juga seperti itu membangun kredibilitas

    BalasHapus
  2. dalam membangun blog, belajar seo dan meningkatkan kredibilitas sangat penting

    BalasHapus